RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Tunas Bangsa
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / semester : VIII / 1 (satu)
Alokasi waktu : 1 x 30 menit
A. Standar
Kompetensi :
1.
Memahami permasalahan sosial
berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
B. Kompetensi
Dasar :
1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan
dan upaya penanggulangannya.
C. Tujuan
Pembelajaran :
1.
Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mengidentifikasi latar belakang terjadinya
urbanisasi
2.
Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mendeskripsikan dampak urbanisasi
3.
Melalui diskusi siswa dapat menguraikan pemecahan masalah akibat urbanisasi
D. Materi
Pembelajaran :
1. Pengertian urbanisasi
2.
Latar belakang terjadinya urbanisasi
3.
Dampak urbanisasi
4.
Pemecahan masalah akibat urbanisasi
E.
Model atau Metode Pembelajaran
·
Ceramah bervariasi
·
Diskusi
F.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
·
Pembukaan
-
Apersepsi, mengaitkan siswa tentang suatu hal
yang berkaitan dengan materi.
Contohnya dengan menampilkan
video atau gambar tentang arus mudik lebaran, kemudian berdialog dengan siswa tentang gambar tersebut yang kemudian dihubungkan dengan materi.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup
materi.
·
Kegiatan inti
-
Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian urbanisasi.
-
Siswa dibagi
dalam kelompok 3 kelompok.
-
Pembagian
materi dalam kelompok:
Kelompok 1 : latar belakang urbanisasi
Kelompok 2 : dampak
urbanisasi
Kelompok 3 : solusi
permasalahan urbanisasi
-
Diskusi berlangsung 10 menit.
-
Setelah
semua kelompok selesai berdiskusi, setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas,
kemudian kelompok lain dapat megajukan pertanyaan atau tanggapan.
·
Penutup
-
Siswa
memperhatikan simpulan materi dari guru
-
Siswa diberikan
pesan-pesan moral oleh guru yang berkaitan
dengan materi yang telah dipelajari.
G. Sumber
Belajar
·
Sudarmi, Waluyo. 2008. Galeri Pengetahuan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
·
Beberapa
gambar penunjang
·
Artikel
H. Penilaian
Penilaian
disksusi
NIS
|
Nama
|
Penilaian
|
Total
|
||
Bertanya
|
Menjawab
|
Menanggapai
|
|||
01
|
Agus
|
|
|
|
|
02
|
Gani
|
|
|
|
|
03
|
Alin
|
|
|
|
|
04
|
Novia
|
|
|
|
|
05
|
Tari
|
|
|
|
|
06
|
Dwi
|
|
|
|
|
07
|
Retno
|
|
|
|
|
08
|
Kikay
|
|
|
|
|
09
|
Daniar
|
|
|
|
|
10
|
Disya
|
|
|
|
|
11
|
Nita
|
|
|
|
|
12
|
Tiwi
|
|
|
|
|
13
|
Desi
|
|
|
|
|
Penilaian harian
NIS
|
Nama
|
Penilaian
|
Total
|
|||
Memperhatikan
|
Kerjasama
|
Disiplin
|
||||
01
|
Agus
|
|
|
|
|
|
02
|
Gani
|
|
|
|
|
|
03
|
Alin
|
|
|
|
|
|
04
|
Novia
|
|
|
|
|
|
05
|
Tari
|
|
|
|
|
|
06
|
Dwi
|
|
|
|
|
|
07
|
Retno
|
|
|
|
|
|
08
|
Kikay
|
|
|
|
|
|
09
|
Daniar
|
|
|
|
|
|
10
|
Disya
|
|
|
|
|
|
11
|
Nita
|
|
|
|
|
|
12
|
Tiwi
|
|
|
|
|
|
13
|
Desi
|
|
|
|
|
|
Yogyakarta,
27 Februari 2012
Mengetahui,
Kepala SMP Tunas Bangsa Guru Mata
Pelajaran IPS
Tejo Nurseto, M. Pd Arif Gunawan