RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP N 7 Klaten
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : VIII/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan kondisi wilayah dan penduduk
Indikator : 1. Menjelaskan jenis
tanah di Indonesia
2. Mendiskripsikan persebaran jenis
tahah di Indonesia
3. Menjelaskan pemanfaatan tanah di
Indonesia
Alokasi
Waktu : 2 x 30 Menit (1 x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-
Menunjukkan
letak geografis dan astronomis Indonesia.
-
Kaitan
letak astronomis dengan iklim dan waktu di Indonesia
-
Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan
musim di Indonesia.
-
Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan
menentukkan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah
Indonesia.
B.
Karakter: Cinta tanah
air, Cinta Lingkungan
C. Materi
Pembelajaran
Kondisi fisik wilayah Indonesia
1. Letak
Indonesia
- Berdasarkan
geografis dan astronomis
2. Iklim
di Indonesia
3. Musim
Indonesia
D. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Star
wars
3. Diskusi
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
:
- Memeriksa
kahadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
- Siswa
mendapatkan motivasi agas siap mengikuti pelajaran
- Apersepsi
:Letak geografis Indonesia yang sangat strategis
Jumlah pulau di Indonesia mencapai
17.504 Pulau
2. Kegiatan
inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Guru
meminta siswa untuk memperhatikan peta.
Ø guru
menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis.
Ø Guru menjelaskan kaitan letak astronomis dengan iklim dan waktu
Ø menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar
Ø membagi
4 kelompok untuk menjalankan stars wars
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Ø Meminta
siswa menyebutkan
letak geografis dan letak astronomi Indonesia
Ø Bersama
dengan siswa menunjukan perubahan musim
Ø Meminta
menyimpulkan penjelasan
guru
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
Ø Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
Ø memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F.
Sumber belajar
1. Wardiyatmoko,
K. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial.
Jakarta : Erlangga
2. Peta
Indonesia
3. Peta
Dunia
G.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|
Ü Menunjukkan letak geografis (letak geografis, letak
astronomis) Indonesia.
Ü Menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan
musim di Indonesia.
Ü Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim
dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah
Indonesia.
|
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tugas rumah
|
Ü Sebutkan letak astronomis wilayah Indonesia?
Ü Jelaskan kaitan letak geografis dengan perubahan musim di
Indonesia.
Ü Buatlah peta pola angin
muson di Indonesia!
|
1. Lembar
Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
Jawaban
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*)
Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor maksimal : 75
Jumlah :
100
Klaten,
25 Juli 2012
Mengetahui,
Eka Yuni
Wijaynti, M.Pd Arif
Gunawan
NIP
19760625 200012 2004 09416241023