CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATERI KONDISI FISIK INDONESIA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1

SMP/MTs                      : SMP N 7 Klaten
Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester             : VIII/ 1 (satu)
Standar Kompetensi       : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar          : 1.1. Mendeskripsikan kondisi wilayah dan penduduk
Indikator                        :
-   Menunjukan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia
-       Menganalisi hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
Karakter                        : Cinta tanah air, Cinta Lingkungan,
Alokasi Waktu               : 2 x 30 Menit (1 x pertemuan)
A.       Tujuan pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-         Menunjukkan letak geografis dan astronomis Indonesia.
-         Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia
-         Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
-         Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukkan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.

B.       Materi Pembelajaran
Kondisi fisik wilayah Indonesia
1.      Letak Indonesia
2.      Iklim di Indonesia
3.      Musim Indonesia

C.       Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Tanya-jawab

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan :
-       Memeriksa kahadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
-       Siswa mendapatkan motivasi agas siap mengikuti pelajaran
-       Apersepsi :Letak geografis Indonesia yang sangat strategisJumlah pulau di Indonesia mencapai 17.504 Pulau
2.      Kegiatan inti:
-         Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
-         Siswa menyebutkan letak geografis dan letak astronomis Indonesia.
-         Guru menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis
-         Guru menjelaskan kaitan letak geografis terhadap iklim dan waktu di Indonesia
-         Siswa menyebutkan musim di Indonesia
-         Guru menjelaskan musim
3.      Penutupan
-         Melakukan tes/ pertanyaan kepada siswa tentang materi di atas
-         Memberikan penugasan membuat peta indonesia yang sudah ditambah dengan garis wallacea dan garis Weber.

E.        Sumber belajar
1.      Wardiyatmoko, K. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Erlangga
2.      Peta Indonesia
F.      Penilaian
1.      Teknik penilaian
-       Tes tertulis
-       Penugasan
-       Unjuk kerja
2.      Bentuk instrumen
-       Pekerjaan rumah
G.     Instrumen soal
1.      Tes Uraian
-       Berapa letak astronomis Indonesia?
-       Mengapa di Indonesia memiliki dua  musim?
2.      Pekerjaan Rumah
-       Carilah sebuah Peta Indonesia lengkap dengan garis Webber dan Wallacea serta cantumkan pula fungsi dari kedua garis tersebut!
Klaten, 24 Juli 2012
Mengetahui,
Guru pembimbing                                                                                                Mahasiswa

Eka Yunianti, M.Pd                                                                                    Arif Gunawan
19560716 108003 1 009                                                                            09416241023