Metode Pengajaran Diskusi

Metode Pengajaran:
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab
4.      Simulasi
5.      Observasi/Pengamatan

Skwnario Pembelajaran:
1.   Pertemuan I  
      Materi letak geografis Indonesia
a. Pendahuluan            :
1.                                          Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
2.                                          Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- Mengapa letak Indonesia strategis?
3.                                          Apersepsi ;

b. Kegiatan Inti.
1.      Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
2.      Siswa menyebutkan letak geografis dan letak astronomis Indonesia.
3.      Guru menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis.
4.      Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
c. Penutup
1.      Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
2.      Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
3.      Memberikan tugas individu agar siswa menunjukkan letak geografis dan letak
            astronomis.
2.   Pertemuan II
      Materi ; Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.
a. Pendahuluan            :
1.   Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
2.Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- Melihat cuaca hari ini ?
3.      Apersepsi        ;
- sebutkan letak geografis Indonesia.
- sebutkan letak astronomis Indonesia.
- musim di Indonesia di bedakan dan sebutkan.
b. Kegiatan Inti.
1.                                                      Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
2.                                                      Siswa menunjukkan perubahan musim.
3.                                                      Guru menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu.
4.                                                      Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
5.                                                      Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
4.      Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
5.      Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
6.      Memberikan tugas individu.
           
3.   Pertemuan III
      Materi ; Musim di Indonesia.
a. Pendahuluan            :
1.   Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
2.      Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- musim apakah sekarang ?
4.      Apersepsi        ;


b. Kegiatan Inti.
1.      Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
2.      Siswa menyebutkan musim di Indonesia.
3.      Guru menjelaskan musim di Indonesia.
4.      Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
c. Penutup
1.      Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
2.      Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
3.      Memberikan tugas individu agar siswa dapat menunjukkan perubahan musim di Indonesia.

4.   Pertemuan IV
      Materi ; Pesebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian
                    wilayah dan Walleua dan Weber.
a. Pendahuluan            :
1.   Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan & kerapian kelas.
2.      Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- sebutkan jenis fauna yang hidup di Sumatra!
5.      Apersepsi        ;
- sebutkan contoh fauna di Kalimantan!
b. Kegiatan Inti.
1. Informasi flora di Indonesia bagian barat
2. Guru menanyakan flora di Indonesia danfauna Indonesia.
3. Siswa membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru.
c. Penutup
1.      Penilaian
2.      Refleksi, siswa menyebutkan flora dan fauna di Indonesia.
5.   Pertemuan V
Materi ; Persebaran jenis-jenis tanah di Indonesia dan pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia..

a. Pendahuluan            :
1.   Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
2.      Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- sebutkan jenis tanah yang ada di sekitar sungai!
3.      Apersepsi        ;
- sebutkan contoh jenis tanah di Indonesia!
b. Kegiatan Inti.
1.      Informasi jenis tanah di Indonesia.
2.      Guru menanyakan jenis tanah di Indonesia serta pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia.
3.      Siswa membuat rangkuman tentang jenis tanah dan pemanfaatan jenis tanah di Indonesia.
4.      Guru menjelaskan tentang pemanfaatan jenis tanah di Indonesia.
c. Penutup
1.      Penilaian.
2.      Refleksi, Siswa dan menyebutkan jenis tanah dan pemanfaatannya.