Metode Pengajaran:
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Simulasi
5.
Observasi/Pengamatan
Skwnario Pembelajaran:
1. Pertemuan
I
Materi letak geografis Indonesia
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa
kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
2.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- Mengapa letak
Indonesia strategis?
3.
Apersepsi ;
b. Kegiatan Inti.
1. Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
2. Siswa menyebutkan letak geografis dan
letak astronomis Indonesia.
3. Guru menjelaskan posisi geografis dan
letak astronomis.
4.
Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
c. Penutup
1.
Membuat
kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
2.
Melakukan
tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
3.
Memberikan
tugas individu agar siswa menunjukkan letak geografis dan letak
astronomis.
2. Pertemuan II
Materi ; Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
2.Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- Melihat cuaca
hari ini ?
3.
Apersepsi ;
- sebutkan
letak geografis Indonesia.
- sebutkan
letak astronomis Indonesia.
- musim di Indonesia di bedakan dan sebutkan.
b. Kegiatan Inti.
1.
Guru
minta siswa untuk memperhatikan peta.
2.
Siswa menunjukkan perubahan musim.
3.
Guru
menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu.
4.
Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
5.
Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
4.
Membuat
kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
5.
Melakukan
tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
6. Memberikan
tugas individu.
3. Pertemuan
III
Materi ;
Musim di Indonesia.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
2.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- musim apakah
sekarang ?
4.
Apersepsi ;
b. Kegiatan Inti.
1. Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
2. Siswa menyebutkan musim di Indonesia.
3.
Guru menjelaskan musim di Indonesia.
4.
Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
c. Penutup
1. Membuat kesimpulan bersama-sama hasil
diskusi.
2. Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan
dengan materi di atas.
3. Memberikan tugas individu agar siswa dapat
menunjukkan perubahan musim di Indonesia.
4. Pertemuan IV
Materi ; Pesebaran flora dan fauna Indonesia dan
kaitannya dengan pembagian
wilayah dan Walleua dan Weber.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan & kerapian kelas.
2.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- sebutkan
jenis fauna yang hidup di Sumatra!
5.
Apersepsi ;
- sebutkan contoh fauna di Kalimantan!
b. Kegiatan Inti.
1. Informasi flora di Indonesia bagian barat
2. Guru menanyakan flora di Indonesia danfauna
Indonesia.
3. Siswa membuat rangkuman
tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru.
c. Penutup
1. Penilaian
2.
Refleksi,
siswa menyebutkan flora dan fauna di Indonesia.
5. Pertemuan V
Materi ;
Persebaran jenis-jenis tanah di Indonesia dan pemanfaatan berbagai jenis tanah
di Indonesia..
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
2.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- sebutkan
jenis tanah yang ada di sekitar sungai!
3.
Apersepsi ;
- sebutkan contoh jenis tanah di Indonesia!
b. Kegiatan Inti.
1. Informasi jenis tanah di Indonesia.
2. Guru menanyakan jenis tanah di Indonesia
serta pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia.
3. Siswa membuat rangkuman tentang jenis
tanah dan pemanfaatan jenis tanah di Indonesia.
4.
Guru menjelaskan tentang pemanfaatan jenis tanah di
Indonesia.
c. Penutup
1. Penilaian.
2. Refleksi,
Siswa dan menyebutkan jenis tanah dan pemanfaatannya.