RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 1 Klaten
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
IX H / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan Perang Dunia
II (termasuk pendudukan Jepang) serta
pengaruhnya terhadap keadaan sosial,
ekonomi, dan politik di Indonesia
Alokasi Waktu :
2 X 30 menit (1x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
1.
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dunia II.
2. Menyusun
kronologi Perang Dunia II.
3. Menjelaskan dampak-dampak dari Perang
Dunia II
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
A.
Faktor-faktor Penyebab dan Kronologi Perang Dunia II
1. Munculnya Negara-Negara Fasis
a. Fasisme Italia di bawah Mussolini
b. Naziisme Jerman di bawah Adolf Hitler
c. Militerisme Jepang di bawah Kaisar
Hirohito
2. Faktor-faktor PenyebabTerjadinya Perang
Dunia II
Menjelang Perang Dunia II telah muncul dua
persekutuan yang saling bertentangan, sebagai berikut:
a. Blok AS (Poros), terdiri atas Jerman,
Italia, Jepang, Hongaria, Rumania,Bulgaria, dan Finlandia.
b. Blok Sekutu, terdiri atas Inggris,
Perancis, Amerika Serikat, Belanda,Belgia, Norwegia, Denmark, Kanada, Austria,
dan Cina.
Sebab-sebab umum terjadinya Perang Dunia II
adalah sebagai berikut:
a. Sebab Umum
Sebab-sebab umum Perang Dunia II adalah
sebagai berikut:
1). Adanya politik revanche idea (balas
dendam) Jerman terhadap negara-negara Sekutu karena kekalahan dalam perang
dunia I
2) Adanya politik mencari sekutu.
3) Adanya perlombaan senjata yang menciptakan
ketegangan.
4) Adanya nafsu saling berebut tanah
jajahan.
5) Kegagalan LBB dalam memelihara
perdamaian dunia
b.
Sebab khusus
Sebab khusus meletusnya Perang Dunia II
adalah sebagai berikut.
1)
Di Eropa, serangan kilat (blitzkrieg) Jerman ke
Polandia pada tanggal 1 September 1939. Serbuan ini dimaksudkan untuk menguasai
Danziq. Pada tanggal 3 September 1939, Inggris dan Prancis yang merasa turut
bertanggung jawab atas Danzig Perang Dunia II dan pengaruhnya terhadap
Indonesia mengumumkan perang terhadap Jerman.
2)
Di Asia Pasifik, serbuan Jepang terhadap pangkalan
Angkatan Laut Amerika
3. Kronologi Perang Dunia II
a. Medan
Eropa (1939—1945)
b. Medan Asia Pasifik
4. Akhir Perang
Dunia II
a. Di Eropa
Di
Eropa, Italia lebih dulu menyerah kepada Sekutu. Gerakan anti fasis di Italia
membantu Sekutu mempercepat kekalahan Italia. Mussolini ditangkap oleh para
penentangnya dan dihukum mati. Bagaimana dengan Jerman? Pada bulan Mei 1945
kota Berlin (Jerman) jatuh ke tangan pasukan Uni Soviet. Pada tanggal 7 Mei 1945
Jerman, melalui JenderalGustav dan Laksamana Hans George Von Freedenberg,
akhirnya menyerah tanpa syarat kepada Sekutu di Reinis, Prancis.
b. Di Asia
Pasifik
Kemenangan
Jepang yang dicapai Jepang pada awal perang, ternyata tidak bertahan lama. Satu
per satu wilayah yang semula dikuasai Jepang berhasil direbut kembali oleh
Sekutu. Bahkan, serangan Sekutu akhirnyamulai diarahkan kewilayah Jepang.
Puncak serangan Sekutu terhadap Jepang terjadi pada tanggal 6 dari 9 Agustus 1945.
Pada hari itu dua kota penting di Jepang, yaitu Hiroshima dan Nagasaki, dibom
oleh Amerika Serikat. Selang beberapa hari kemudian, yaitu tanggal 14Agustus 1945,
Jepang menyatakan menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Denganmenyerahnya
Jepang, maka berakhirlah
PerangDunia II
diAsia Pasifik yang juga disebut Perang Asia Timur Raya. Berakhirnya Perang
Dunia II diikuti dengan penandatanganan berbagai perjanjian sebagai berikut:
1) Perjanjian
Postdam
Perjanjian
Postdam ditandatangani antara Sekutu dan Jerman pada
tanggal 2
Agustus 1945. Acara penandatanganan Perjanjian Postdam dihadiri beberapa tokoh
Sekutu, antara lain, Truman dari Amerika Serikat dan Stalin dari Rusia. Isi
Perjanjian Postdam sebagai berikut :
a) Jerman dibagi
menjadi empat pendudukan, yaitu :
♦ Jerman Timur diduduki Rusia,
♦ Jerman Barat diduduki oleh
Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.
b) Kota Berlin
dibagi menjadi dua, Berlin Timur yang diduduki Rusia dan Berlin Barat yang
diduduki oleh Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat.
c) Danzig
diduduki Polandia.
d) Jerman harus mengurangi
kekuatan militernya.
e) Penjahat
perang harus dihukum.
f) Jerman harus
membayar kerugian perang kepada Sekutu.
g) Partai NAZI
dihapus.
2) Perdamaian
Paris
Perdamaian Paris
ditandatangani antara Sekutu dan Italia pada bulan Februari 1945. Adapun isinya
adalah sebagai berikut :
a) Wilayah
Italia diperkecil
b) Abessenia dan
Albania dimerdekakan
c) Semua jajahan
Italia di Afrika Utara diambil alih oleh Inggris.
d) Italia harus
membayar kerugian perang kepada Sekutu.
3) Perjanjian
San Francisco
Perjanjian San
Francisco ditandatangani antara Sekutu dan Jepang pada tahun 1951. Adapun isi
Perjanjian San Fransisco adalah sebagai berikut.
a) Untuk
sementara Jepang diperintah Amerika Serikat.
b) Bekas jajahan
Jepang diserahkan kepada Sekutu.
c) Penjahat perang
harus dihukum.
d) Jepang harus
membayar ganti rugi perang kepada Sekutu.
5. Akibat Perang
Dunia II
Sama
halnya dengan Perang Dunia I, Perang Dunia II juga mendatangkan akibat baik
bidang politik, ekonomi, maupun sosial.Akibat PerangDunia II tidak hanya
dirasakan oleh negara-negara yang terlibat langsung dalamperang, tetapi juga
dialami oleh negara-negara di dunia pada umumnya.
a. Bidang
Politik
1) Amerika
Serikat danUni Soviet tumbuhmenjadi negara adikuasa.
2) Terjadi
pertentangan antara dua paham besar, liberalisme dan komunisme.
3) Terjadi
pertentangan antara Blok Barat (Amerika Serikat) dan Perang Dunia II dan
pengaruhnya terhadap Indonesia 45 Blok Timur (Blok Uni Soviet) yang lebih
dikenal sebagai perang dingin.
b. Bidang
Ekonomi
1) Terjadinya kehancuran
sektor-sektor ekonomi dunia.
2) Jerman dan
Jepang bangkit kembali menjadi negara industri.
3) Amerika
Serikat tampil sebagai negara kreditor dunia
c. Bidang Sosial
1) Kemiskinan,
kelaparan, dan wabah penyakit terjadi di berbagai tempat.
2) Jatuh banyak
korban, baik yang tewas maupun luka-luka.
3) Lahir
berbagai gerakan sosial untuk memperbaiki keadaan.
4) Lahir
badan-badan sosial untuk menolong korban perang.
C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah
bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e.
Jigsaw
c. Inquiri
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
1
Materi :
1.
faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dunia II.
2. kronologi
Perang Dunia II.
3. dampak-dampak dari Perang Dunia II
Pendahuluan :
Ü
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü
Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü
Guru menceritakan sedikit tentang film penyerangan Pearl Harbour oleh Jepang
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru
menjelaskan faktor-faktor penyebab
terjadinya Perang Dunia II
F Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
F Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru melaksanakan metode Team Game Turnamen:
Langkah-langkahnya :
F siswa
dibagi menjadi 4 kelompok
F setiap kelompok diberi materi yang berbeda
setiap kelompok untuk dipelajari.
F Siswa diminta untuk belajar setiap mandiri
secara mandiri
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
membuat quis untuk menjawab
pertanyaan secara individu.
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi dan mengambil
nilai-nilai karakter yang bisa dipelajari dari materi Perang Dunia II
F Doa, salam
E. Sumber Belajar
Ü
Buku Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya
terhadap keadaan sosial, ekonomi,
dan politik di Indonesia
|
Jigsaw
|
Uraian
|
1. Sebutkan Sebab-sebab umum terjadinya Perang Dunia II
2. Jelaskan hubungan munculnya negara Fasis dengan terjadinya Perang Dunia
II
3. Sebutkan Dampak Perang Dunia II (minimal 3 )
|
Lembar Pengamatan
No
|
Nama
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Sikap
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor :
Lembar pengamatan :
Keaktifan :
0 – 100
Kerjasama :
0 – 100
Sikap :
0 – 100
Total nilai lembar pengamatan:
3
Tugas individu
Lembar penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek yang dinilai: Skor
Maksimum
1. Kebenaran materi bisa di pertanggungjawabkan 6
2. Kerapian penulisan 4
3. Penggunaan bahasa yang baik 5
4.
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................
|
|
Klaten, 23 Juli 2012
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................
|