MAKALAH KEPARIWISATAAN Sapta Pesona Pariwisata
MAKALAH KEPARIWISATAAN
Sapta Pesona Pariwisata
DOSEN
PENGAMPU : AGUS MUDYASTOMO, M.Hum
Oleh
:
Arif Gunawan (09416241023)
PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas terselesaikannya
makalah yang berjudul “Sapta Pesona Pariwisata”. Makalah yang masih perlu
dikembangkan lebih jauh ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua
pihak yang membacanya.
Makalah
ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kepariwisataan
pada prodi Pendidikan IPS di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas
Negeri Yogyakarta. Secara garis besar makalah ini membahas pengertian definisi,
tujuan, dan manfaat sapta pesona pariwisata.
Ucapan terima kasih
kami sampaikan kepada bapak Agus Widyastomo, M. Hum. selaku dosen pengampu mata
kuliah Kepariwisataan. Kami menyadari bahwa makalah ini masih memiliki
kekurangan, oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang
konstruktif, terutama dari Bapak pembimbing dan teman-teman.
Yogyakarta,
22 Desember 2010
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Beberapa tahun
yang lalu industri pariwisata di Indonesia sempat mengalami kenaikan yang
signifikan jika dibandingkan dengan industri pariwisata sekarang, memang secara
kuantitas jumlah wisatawan terus meningkat, namun seharusnya sudah lebih jauh
dari itu. Pada program Visit Indonesia Year 1991 dahulu dikampanyekan program Sapta
Pesona. Hal tersebut menunjukkan hasil yang memuaskan terbukti dengan
terlampuinya target kunjungan wisata. Pada tahun 1991 badak bercula satu binatang khas daerah
Ujung Kulon, Jawa Barat digunakan sebagai maskot tahun kunjungan Indonesia 1991
(Visit Indonesia Year 1991). Ini merupakan kampanye promosi pariwisata
Indonesia ke seluruh dunia oleh Departemen Pariwisata Pos dan Telekomunikasi
(sekarang: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata).
Pada program Visit Indonesia 2008 sekarang ini agaknya
patut diingatkan kampanye yang sama, agar program pembangunan pariwisata
Indonesia dapat berjalan dengan baik dan dapat menunjukkan hasil yang nyata
bagi pembangunan nasional serta tidak dijalankan dengan setengah hati oleh
segenap lapisan elemen bangsa. Tujuan diselenggarakan program Sapta Pesona adalah
untuk meningkatkan kesadaran, rasa tanggung jawab segenap lapisan masyarakat,
baik pemerintah, swasta maupun masyarakat luas untuk mampu bertindak dan
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Rumusan masalah
1. Apa
definisi sapta pesona?
2. Apa
tujuan dan manfaat sapta pesona?
3. Bagaimana
cara menumbuhkan sapta pesona?
C.
Tujuan penulisan
1. Mengetahui
apa definisi sapta pesona
2. Mengetahui
apa tujuan dan manfaat sapta pesona
3. Mengetahui
bagaimana cara menumbuhkan sapta pesona
BAB II
PEMBAHASAN
- DEFINISI SAPTA PESONA
Sadar Wisata dapat didefinisikan sebagai
sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen
masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan
berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah dan bertujuan untuk meningkatkan
kesejahteraan rakyat. Sapta Pesona merupakan jabaran konsep Sadar Wisata yang
terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya
untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh
dan berkembangnya industri pariwisata melalui perwujudan tujuh unsur dalam
Sapta Pesona tersebut.
Logo Sapta Pesona berbentuk matahari
tersenyum yang menggambarkan semangat hidup dan kegembiraan. Tujuh sudut
pancaran sinar yang tersusun rapi di sekeliling matahari menggambarkan
unsur-unsur Sapta Pesona yang terdiri dari : unsur aman, tertib, bersih, sejuk,
indah, ramah dan kenangan.

1. AMAN
Pengertian
Suatu kondisi lingkungan di destinasi pariwisata atau daerah tujuan wisata yang
memberikan rasa tenang, bebas dari rasa takut dan kecemasan bagi wisatawan
dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
Bentuk
aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
- Tidak
menganggu kenyamanan wisatawan
- Menolong
dan melindungi wisatawan
- Menunjukkan
sifat bersahabat terhadap wisatawan
- Memelihara
keamanan lingkungan
- Membantu
memberi informasi kepada wisatawan
- Menjaga
lingkungan yang bebas dari bahaya penyakit menular
- Meminimalkan
resiko kecelakaan dalam penggunaan fasilitas publik
2. TERTIB
Pengertian
kondisi lingkungan dan pelayanan di destinasi pariwisata/daerah tujuan wisata
yang mencerminkan sikap disiplin yang tinggi serta kualitas fisik dan layanan
yang konsisten dan teratur serta efisien sehingga memberikan rasa nyaman dan
kepastian bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah
tersebut.
Bentuk
aksi yang perlu diwujudkan antara lain:
- Mewujudkan
budaya antri
- Memelihara
lingkungan dengan mentaati peraturan yang berlaku
- Disiplin
waktu/tepat waktu
- Serba
jelas, teratur, rapi dan lancar
3. BERSIH
Suatu
kondisi lingkungan serta kualitas produk dan pelayanan di destinasi
pariwisata/daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang sehat/hygienik
sehingga memberikan rasa nyaman dan senang bagi wisatawan dalam melakukan
perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
- Tidak
membuang sampah sembarangan
- Menjaga
kebersihan lingkungan objek wisata
- Menjaga
lingkungan yang bebas dari polusi udara
- Menyiapkan
sajian makanan dan minuman yang higienis
- Menyiapkan
perlengkapan penyajian makanan dan minuman yang bersih
- Pakaian
dan penampilan petugas bersih dan rapi.
4. SEJUK
Suatu
kondisi di destinasi pariwisata/daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan
yang sejuk dan teduh yang akan memberikan perasaan nyaman bagi wisatawan dalam
melakukan kunjungannya ke daerah tersebut.
Bentuk
aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
- Melaksanakan
penghijauan dengan menanam pohon
- Memelihara
penghijauan di lingkungan objek wisata
- Menjaga
kondisi sejuk dalam berbagai area di daerah tujuan wisata
5. INDAH
Suatu
kondisi di daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang indah dan
menarik dan memberikan kesan yang mendalam bagi wisatawan sehingga mewujudkan
potensi kunjungan ulang serta mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih
luas
Bentuk
Aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
- Menjaga
objek wisata dalam tatanan yang estetik, alami dan harmoni
- Menata
lingkungan secara teratur
Menjaga
keindahan vegetasi, tanaman hias dan peneduh.
6. RAMAH
Suatu
kondisi lingkungan yang bersumber dari sikap masyarakat di destinasi pariwisata
yang mencerminkan suasana yang akrab dan terbuka.
Bentuk
Aksi yang perlu diwujudkan :
- Bersikap
sebagai tuan rumah yang baik serta selalu membantu wisatawan
- Memberi
informasi tentang adat istiadat secara sopan
- Menunjukkan
sikap menghargai dan toleransi terhadap wisatawan
- Memberikan
senyum yang tulus
7. KENANGAN
Suatu
bentuk pengalaman yang berkesan di destinasi pariwisata yang akan memberikan
rasa senang dan kenangan yang indah bagi wisatawan.
- Bentuk
aksi yang perlu diwujudkan :
- Menggali
dan mengangkat keunikan budaya local
- Menyajikan
makanan dan minuman khas lokal yang bersih dan sehat
- Menyediakan
cinderamata yang menarik, unik/khas serta mudah dibawa
- TUJUAN DAN MANFAAT
SAPTA PESONA
Sadar wisata merupakan bagian akar pohon
pariwisata, dalam artian bahwa sadar wisata menjadi dasar atau fondasi yang
kuat sehingga pohon pariwisata tumbuh dengan kuat. Sadar wisata juga merupakan
kekuatan dalam unit-unit kerja yang menduung organisasi pariwisata. Pesona
adalah merupakan kebijakan dalam dunia pariwisata tanah air. Melalui Sapta
Pesona, diharapkan terwujudkan suasana kebersamaan semua pihak untuk
terciptanya lingkungan alam dan budaya budaya luhur bangsa. Dahulu masyarakat
mengenal Kelompok Sadar Wisata dan merasakan pentingnya program tersebut.
Program ini menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap masyarakat dalam
mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di
suatu destinasi wilayah.
Sapta Pesona bertujuan; (1) meningkatkan pemahaman segenap
komponen masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam mewujudkan iklim
yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya pariwisata serta meningkatkan
kesejahteraan masyarakat. (2) Menggerakkan dan memotivasi kemampuan serta
kesempatan masyarakat sebagai wisatawan untuk menggali dan mencintai tanah air.
Cara
menumbuhkan sapta pesona ada berbagai macam, diantaranya adalah:
- Harus
ada kesadaran akan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban
Kita
harus selalu sadar bahwa setiap perilaku kita dalam bergaul dengan wisatawan di
daerah wisata apa pasti akan menimbulkan hak dan kewajiban masing- masing yang
harus dijalankan dengan seimbang dan selaras.
- Membanngun
sistem keamanan yang kuat
Sistem
keamanan bisa dibangun dan direncanakan mulai dari hal yang kecil dan dari
lingkup yang kecil juga, misalnya sikap disiplin dalam berbagai hal
- Ketaatan
pada hukum
Taat
pada hukum artinya bahwa negara kita adalah negara hukum dan kita harus
menjunjung tinggi dan menjaga sistem hukum yang ada agar keberadaannya mampu
melindungi hak dan kewajiban wisatawan
- Disiplin
dalam melakukan segala sesuatu
Setiap
warga masyarakat diharapkan mampu disiplin baik secara individu maupun dalam
interaksi dengan orang lain terutama wisatawan dimanapun sehingga akan
menumbuhkan rasa saling menghargai yang secara tidak langsung memberikan rasa
aman bagi wisatawan
A. Manfaat
sapta pesona
Sapta
pesona memberikan manfaat yang beraneka ragam, diantaranya:
- Menumbuhkan
citra positif bagi daerah tujuan wisata
- Keinginan
berkunjung bagi wisatawan semakin besar
- Terciptanya
keharmonisan dan keteraturan
- Terbentuknya
masyarakat yang berbudaya baik
- Mencegah
terjadinya konflik
- Meningkatkan
rasa saling percaya
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sapta Pesona merupakan penjabaran dari
konsep sadar wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai
tuan rumah atau penyelenggara pariwisata dalam upayanya menciptakan lingkungan
yang mendukung dan suasana yang kondusif agar mampu mendorong tumbuh dan
berkembangnya industri pariwisata melalui perwujudan tujuh unsur yang terdapat
dalam sapta pesona
B. Saran
Kita
harus wajib menjadi daerah tujuan wisata yang mampu memberikan nilai nilai dari
tujuh unsur sapta pesna wisata
DAFTAR PUSTAKA
Diakses dari http://id.wikipedia.org pada tanggal 17
desember 2010
Caniago, Yasmen. 2010. Konsep Dasar Wisata dan Sapta Pesona. Diakses dari http://wisatakandi.blogspot.com
pada tanggal 17 desember 2010.
Ichsan. 2008. Makna Logo Sapta Pesona. Diakses dari http://tunas63.wordpress.com
pada tanggal 17 desember 2010.
Saksono, Arie. 2009. Sapta Pesona dan Citra Destinasi.
Dikses dari http://ariesaksono.wordpress.com
pada tanggal 17 desember 2010.