Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS kelas VIII semester 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
2)
SMP/MTs                      : SMP N 7 KLATEN
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester            : VIII/ 1 (satu)
Standar Kompetensi     : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar        : 1.1 Mendeskripsikan kondisi wilayah dan penduduk
Indikator                       : 
-         
Mengidentifikasikan
persebaran flora dan fauna di Indonesia
-         
Mengidentifikasi jenis
flora dan fauna di Indonesia
, 
Alokasi
Waktu              : 2 x 30 Menit (1 x
pertemuan) 
A.      Tujuan
pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-      
Mengidentifikasikan
persebaran flora dan fauna di Indonesia
-      
Menyebutkan pembagian
wilayah persebaran flora dan fauna di Indonesia
-      
Menyebutkan jenis flora
dan fauna wilayah asiatis, australis. Asiatis australis
-      
Menyebutkan ciri-ciri
flora dan fauna asiatis, australis, asiatis australis
-      
Menggambar persebaran
peta prsebaran flora dan fauna di Indonesia
B.       Materi
pembelajaran
1.    Persebaran
flora dan fauna di Indonesia
-       
Menurut pembagian garis
webber dan wallace
2.      Ciri
– ciri flora dan fauna di Indonesia berdasarkan pembagian garis webber dan 
Wallace
3.      Jenis
flora dan fauna di Indonesia
C.       Karakter   : Cinta tanah air, Cinta Lingkungan
D.      Metode
pengajaran
-       
Ceramah bervariasi
-       
Talking Stick
E.       Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Memotivasi kelas agar
siap dalam proses pembelajaran :
- Apersepsi (
pengetahuan prasarat ) :
- Apasaja flora dan
fauna yang ada di Sumatera?
-  
Menanyakan
tugas pertemuan yang lalu
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyajikan
informasi flora dan fauna di Indonesia
F Guru
menanyakan flora di Indonesia dan fauna Indonesia 
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F menjalankan
permainan moving stick
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa
membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru
F Siswa
merangkum dari hasil penjelasan guru dan membaca referensi 
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa 
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan  dan penyimpulan
 Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F.       
Sumber belajar 
1.      Pendamping
Materi IPS Terpadu
2.      Buku
paket
3.      Peta
Indonesia
G.      Penilaian
1.      Teknik
penilaian
-         
Tes tertulis
-         
Unjuk kerja
2.      Bentuk
instrumen
-         
Tes uraian
H.    Instrumen
soal
1.      Tes
Uraian
-         
Apa perbedaan antara
fauna type Asiatis dengan fauna type australis?
-         
Lampiran
Lembar
Penilaian diskusi
| 
   
Klmpk 
 | 
  
   
Nama 
 | 
  
   
Indikator penilaian 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
  
   
Jmlh 
 | 
 |||
| 
   
Partisipasi 
 | 
  
   
Kualitas
  pertanyaan 
 | 
  
   
Kemampuan
  menjawab 
 | 
  
   
Kedisiplinan 
 | 
 ||||
| 
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Mengetahui,
Guru pembimbing                                                                                              Mahasiswa
Eka Yuni
Wijayanti, M.Pd                                                                              Arif
Gunawan
NIP
19760625 200012 2004                                                                           NIM.
09416241023

