Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS kelas VIII semester 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
2)
SMP/MTs : SMP N 7 KLATEN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : VIII/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan kondisi wilayah dan penduduk
Indikator :
-
Mengidentifikasikan
persebaran flora dan fauna di Indonesia
-
Mengidentifikasi jenis
flora dan fauna di Indonesia
,
Alokasi
Waktu : 2 x 30 Menit (1 x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-
Mengidentifikasikan
persebaran flora dan fauna di Indonesia
-
Menyebutkan pembagian
wilayah persebaran flora dan fauna di Indonesia
-
Menyebutkan jenis flora
dan fauna wilayah asiatis, australis. Asiatis australis
-
Menyebutkan ciri-ciri
flora dan fauna asiatis, australis, asiatis australis
-
Menggambar persebaran
peta prsebaran flora dan fauna di Indonesia
B. Materi
pembelajaran
1. Persebaran
flora dan fauna di Indonesia
-
Menurut pembagian garis
webber dan wallace
2. Ciri
– ciri flora dan fauna di Indonesia berdasarkan pembagian garis webber dan
Wallace
3. Jenis
flora dan fauna di Indonesia
C. Karakter : Cinta tanah air, Cinta Lingkungan
D. Metode
pengajaran
-
Ceramah bervariasi
-
Talking Stick
E. Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Memotivasi kelas agar
siap dalam proses pembelajaran :
- Apersepsi (
pengetahuan prasarat ) :
- Apasaja flora dan
fauna yang ada di Sumatera?
-
Menanyakan
tugas pertemuan yang lalu
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyajikan
informasi flora dan fauna di Indonesia
F Guru
menanyakan flora di Indonesia dan fauna Indonesia
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F menjalankan
permainan moving stick
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa
membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru
F Siswa
merangkum dari hasil penjelasan guru dan membaca referensi
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F.
Sumber belajar
1. Pendamping
Materi IPS Terpadu
2. Buku
paket
3. Peta
Indonesia
G. Penilaian
1. Teknik
penilaian
-
Tes tertulis
-
Unjuk kerja
2. Bentuk
instrumen
-
Tes uraian
H. Instrumen
soal
1. Tes
Uraian
-
Apa perbedaan antara
fauna type Asiatis dengan fauna type australis?
-
Lampiran
Lembar
Penilaian diskusi
Klmpk
|
Nama
|
Indikator penilaian
|
Nilai
|
Jmlh
|
|||
Partisipasi
|
Kualitas
pertanyaan
|
Kemampuan
menjawab
|
Kedisiplinan
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Guru pembimbing Mahasiswa
Eka Yuni
Wijayanti, M.Pd Arif
Gunawan
NIP
19760625 200012 2004 NIM.
09416241023