CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 3)

SMP/MTs                      : SMP N 7 Klaten
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester            : VIII/ 1 (satu)
Standar Kompetensi     : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar        : 1.1. Mendeskripsikan kondisi wilayah dan penduduk
Indikator                       : 1.Menjelaskan jenis tanah di Indonesia
2. Mendiskripsikan persebaran jenis tahah di Indonesia dan pemanfaatan tanah di Indonesia
Alokasi Waktu              : 2 x 30 Menit (1 x pertemuan)
A.      Tujuan pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1.      Menjelaskan jenis tanah di Indonesia
2.      Menklasifikasikan persebaran tanah di Indonesia
3.      Menjelaskan pemanfaatan tanah di Indonesia.

v  Karakter: Cinta tanah air, Cinta Lingkungan

B.     Materi Pembelajaran
1.    Jenis tanah di Indonesia
2.    Persebaran tanah di Indonesia
3.    Pemanfaatan tanah di Indonesia.

C.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah berfariasi
2.    Tanya jawab
3.    TGT


D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan :
-       Memeriksa kahadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
-       Siswa mendapatkan motivasi agas siap mengikuti pelajaran
-       Apersepsi : Indonesia mempunyai berbagai jenis tanah yang tersebar di seluruh daerah

2.      Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Guru menjelaskan pengertian tanah
Ø  Guru menjelaskan jenis tanah dan persebarannya di Indonesia
Ø  Guru menjelaskan pemanfaatan tanah

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø  Bersama siswa menyebutkan pengertian tanah
Ø  Meminta siswa menjelaskan jenis tanah
Ø  Menanyakan kepada siswa menjelaskan persebaran tanah di Indonesia
Ø  Bersama siswa menyebutkan  manfaat tanah
Ø  Siswa dibagi menjadi 4 kelompok untuk menjalankan TGT

§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
Ø  Meminta siswa menyimpulkan penjelasan guru
Ø  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
E.       Sumber belajar
1.      Sri Sudarmi, & Waluyo. 2008. Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.      LKS

F.          Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ü Menjelaskan jenis tanah di Indonesia

Ü Menklasifikasikan persebaran tanah di Indonesia

Ü Menjelaskan pemanfaatan tanah di Indonesia.
Tes


Tes


Tes
Tes lisan


Tes lisan


Tes lisan
Apa yang dimaksud dengan tanah aluvial?

Jenis tanah apa saja yang berada di pulau Jawa?

Sebutkan 3 manfaat tanah!
Lembar Pengamatan Diskusi          
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai





















*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
Lembar Penilaian Tugas :         
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
Jawaban
Nilai




































*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal       : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal          : 75
 

                                                Jumlah                                     : 100



Popular Posts