CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SEMESTER 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
3)
SMP/MTs : SMP N 7 Klaten
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : VIII/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan kondisi wilayah
dan penduduk
Indikator : 1.Menjelaskan jenis
tanah di Indonesia
2. Mendiskripsikan persebaran jenis tahah di
Indonesia dan pemanfaatan tanah di Indonesia
Alokasi
Waktu : 2 x 30 Menit (1 x
pertemuan)
A.
Tujuan
pembelajaran :
Setelah selesai
kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan
jenis tanah di Indonesia
2. Menklasifikasikan
persebaran tanah di Indonesia
3. Menjelaskan
pemanfaatan tanah di Indonesia.
v Karakter:
Cinta tanah air, Cinta Lingkungan
B.
Materi
Pembelajaran
1. Jenis
tanah di Indonesia
2. Persebaran
tanah di Indonesia
3. Pemanfaatan
tanah di Indonesia.
C.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
berfariasi
2. Tanya
jawab
3. TGT
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pendahuluan
:
- Memeriksa
kahadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
- Siswa
mendapatkan motivasi agas siap mengikuti pelajaran
- Apersepsi
: Indonesia mempunyai berbagai jenis tanah yang tersebar di seluruh daerah
2. Kegiatan
inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Guru
menjelaskan pengertian tanah
Ø
Guru menjelaskan jenis tanah dan
persebarannya di Indonesia
Ø Guru
menjelaskan pemanfaatan tanah
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Ø Bersama
siswa menyebutkan
pengertian tanah
Ø Meminta
siswa menjelaskan jenis tanah
Ø Menanyakan
kepada siswa menjelaskan persebaran tanah di Indonesia
Ø Bersama
siswa menyebutkan manfaat tanah
Ø Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok untuk menjalankan TGT
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
Ø Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø Meminta
siswa menyimpulkan penjelasan guru
Ø Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
Ø Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
E.
Sumber
belajar
1. Sri
Sudarmi, & Waluyo. 2008. Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2. LKS
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|
Ü Menjelaskan
jenis tanah di Indonesia
Ü Menklasifikasikan
persebaran tanah di Indonesia
Ü Menjelaskan
pemanfaatan tanah di Indonesia.
|
Tes
Tes
Tes
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Apa yang dimaksud dengan tanah
aluvial?
Jenis tanah apa saja yang berada
di pulau Jawa?
Sebutkan 3 manfaat tanah!
|
Lembar
Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
Lembar
Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
Jawaban
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor maksimal : 75
![]() |
Jumlah :
100